Manajemen Organisasi Bersama Aktivis Peneleh Regional Lombok

Pada hari kamis tanggal 20 mei 2021, telah diadakan pelatihan Manajemen Organisasi yang di ikuti oleh Aktivis Peneleh Regional Lombok dan Garuda Peneleh angkatan II Lombok, sebagai penguat kebersamaan dan perjuangan. Kegiatan tersebut merupakan agenda regional yang telah tersusun dengan rapi dan telah di sepakati oleh Kepala Sekolah Aktivis Peneleh Nasional, Fadhir A.I. Lamase.

Sri Astuti (Aktivis Peneleh Lombok) sebagai sebagai MC.  Acara diisi oleh dua pemateri dari pimpinan pusat Aktivis Peneleh nasional, yaitu pemateri pertama diisi oleh mas Ahmad Tsiqqif Asyiqulloh (Kepala Aktivis Peneleh Nasional) dan pemateri kedua diisi oleh  mas Asep Irawan (Ketua Lembaga Pengader Nasional Aktivis Peneleh)

            Mas Tsiqqif menyampaikan setiap Regional harus mampu menciptakan suasana harmonis kepada setiap anggotanya. Sehingga program kerja dan setiap acara yang diagendakan pasti akan berjalan lancar dan sukses. Salah satu kunci keberhasilan ialah dengan kerjasama yang baik dan penuh rasa tanggung jawab.

            Yang sangat perlu dimiliki oleh setiap kader adalah rasa sadar diri. Rasa sadar diri terhadap cita-cita organsasi akan dapat memotivasi diri untuk terus berkegiatan dan melaksanakan apa yang seharusnya kader itu lakukan

            Selain itu sifat yang harus di miliki oleh setiap kader yaitu rasa tanggung jawab. Setiap kader harus bertanggung jawab  akan tugas yang dia pegang. Dengan rasa penuh  tanggung jawab kader Aktivis Peneleh akan mampu menjalankan segala aktivitasnya dengan sepenuh hati dan tidak setengah setengah.

Mas asep irawan juga menyampaikan bahwa setiap agenda perlu disiapkan secara matang. Baik dari segi panitia, undangan pamflet, tema diskusi, notulen, tamu  undangan, harus di siapkan 1 minggu sebelum acara untuk kegiatan pra-acara.  Ada beberapa teknis yg harus disiapkan untuk acara webinar atau seminar online. 

Peta Acara webinar:

  1. Enaknya ngobrol apa?
  2. Ngajak siapa?
  3. Siapa jdi panitia?
  4. Nanya kesiapa?

 

Pra acara: laporan, estimasi satu pecan sebelum acara , min 3 hari

In acara: pemateri, moderator, noulen diskusi minimal 2 pertanyaan

Pasca acara: hasil notulen secara naratif di serahkan minimal 2-3 jam  max 1×24 jam, dokumentasi, update via website

Sebelum up gradaing : apa yg selama ini menjadi masalah untuk tidak bergerak?

Sesudah up grading: jangan berfokus pada siapa kamu bergerak tpi pada apa ?

 

Setelah , materi selesai disampaikan, dilanjutkan dengan tanya jawab

Kedua pemateri berharap setiap regional mampu menjalankan agenda agenda yg sudah di susun dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu.

(Ditulis oleh Jefri Al-Faribi)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *