Pentingnya Bijak Ber-Sosial Media Dalam Arus Modernisasi

Pentingnya Bijak Ber-Sosial Media Dalam Arus Modernisasi

Mengingat pentingnya penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, Garuda Peneleh mengadakan webinar pelatihan media dengan tema “Optimalisasi Digital Penggunaan Media Sosial dan Google (Google Drive, Google Calendar, Google Spreadsheet dan Google Slite). Acara yang diselenggarakan pada hari rabu, 09 maret 2022 secara online ini dihadiri oleh sekitar dua puluh tiga partisipan dari berbagai latar belakang yang beragam. Acara ini berlangsung sekitar kurang lebih satu jam setengah mulai dari pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.

Acara pelatihan langsung dibuka oleh Farmawazi selaku moderator. Ia menyampaikan mengapa media sosial dewasa ini sangat penting dan harus untuk kita kuasai sejak dini. Adanya pelatihan media ini adalah untuk menyuarakan tentang pentingnya media sosial untuk dikuasai oleh kita semua sejak dini. Apalagi sekarang kita berada di zaman revolusi 4.0 dan itu tidak dapat terpisahkan dari media sosial. 

Selain hal itu media sosial menjadi penting juga karena hari ini media sosial tidak hanya bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan setiap hari. Melainkan bisa juga media sosial sebagai alat propaganda atau bahkan bisa digunakan sebagai penggerak hijrah. Lanjut keterangan oleh pemuda asli Lombok Tengah itu, Farmawazi selaku moderator juga menjelaskan tentang bagaimana di Yayasan Peneleh Jang Oetama yang menaungi Garuda Peneleh ini bisa bijak dalam menggunakan media sebagai sarana dan prasarana untuk menuju kebaikan. Tidak lupa juga ia menyebutkan beberapa media sosial yang dimiliki oleh Aktivis Peneleh Jang Oetama maupun Garuda Peneleh.

Sebelum pelatihan di mulai, tidak lupa Rizky Angga Pribadi selaku narasumber pada pelatihan ini memperkenalkan dirinya serta beberapa media sosial yang ia miliki saat ini. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa bagaimana kita hari ini harus mampu untuk bijak dalam penggunaan media sosial. Berbicara tentang revolusi 4.0 yang mana banyak teknologi yang dapat kita gunakan dan juga bermanfaat dalam kehidupan kita. Salah satunya yaitu modernisasi. Modernisasi ini tidak hanya di teknologi namun juga dalam pikiran kita. Sehingga kita dapat menggunakan media dengan bijak misalnya seperti fitur Google. 

Setelah itu, Rizky lanjut menjelaskan tentang fungsi dan kegunaan dari Google serta macam-macam fitur Google yang bisa digunakan untuk membantu atau memudahkan kegiatan kita dalam sehari-hari. Ada Google Drive, Google Calendar, Google Spreadsheet serta Google Slite. Ia menjelaskan beberapa fungsi dan kegunaan fitur yang terdapat di Google tersebut satu persatu dan tidak lupa juga untuk menghimbau harus bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan media.

Menggunakan semua media sosial khususnya Google ini sangat mudah untuk diakses tinggal satu klik sudah terintegrasi semua tergantung kebutuhan masing-masing. Kalau menurut aku yang paling mudah aksesnya yaitu Google itu sendiri karena tinggal sekali klik sudah terhubung atau terintegrasi dengan semuanya. Selanjutnya, pelatihan media ini ditutup oleh moderator dengan menghimbau untuk seluruh partisipan. Khusunya untuk anggota Garuda Peneleh untuk bijak dalam menggunakan media dan menyebarkan hal-hal yang positif agar dunia ini juga semakin positif kedepannya. Media sosial merupakan hal yang sangat krusial dewasa ini sehingga harus tepat untuk digunakan dan dimanfaatkan.

Semoga ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan pada sesi webinar tentang media sosial ini dapat kemudian untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu untuk dibagikan kepada orang disekitar kita untuk mengingatkan pentingnya media sosial. (Az)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *